Pentingnya Mengenali Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes Parfum
Rabu

Jika Anda cermati, banyak aroma dari parfum yang berubah-ubah pada selang waktu tertentu.

Agar lebih mudah dipahami, bayangkan seperti sebuah musik. Top notes adalah bagian intro yang singkat dan sebagai pembuka saja. Middle notes adalah irama-irama di pertengahan lagu. Base notes adalah lagu yang terus bergema dari awal hingga akhir.

Hal tersebut adalah proses alami dari sebuah parfum yang beralih dari top notes, middle notes, dan terakhir base notes.

Apa itu notes pada parfum?

Notes dalam parfum merupakan urutan munculnya rangkaian aroma dalam sebuah parfum.

Hal ini dapat diilustrasikan seperti sebuah piramida, karena secara umum, notes berperan memroses susunan aromanya secara berurutan, membangun karakter dan ciri khas sebuah parfum.

Setiap molekul aroma memiliki durasi evaporasinya masing-masing. Ada yang aromanya bertahan beberapa menit saja, ada yang berjam-jam, ada juga yang berhari-hari, dan bahkan mingguan. Itulah mengapa, para ahli peracik parfum membaginya dalam tiga kategori, top, middle, dan base.

Biasanya kandungan aroma dalam notes parfum sudah tertulis pada kemasan.

Top Notes
Pada uumnya, top notes bersifat paling ringan dan langsung tercium saat parfum disemprotkan.

Diikuti dengan aromanya yang paling pertama memudar, karena struktur molekulnya yang ringan. Top notes memberi kesan selintas, jadi jika Anda ingin memilih dan mencoba parfum, jangan langsung menjatuhkan pilihan Anda, setelah Anda semprotkan. Tunggu beberapa saat, agar karakter asli dari parfum tersebut tercium.

Umumnya memiliki karakter segar seperti buah atau bunga. Durasi ketahanan berlangsung 15–30 menit pertama usai penyemprotan karena evaporasi yang begitu cepat.

Middle Notes
Middle notes atau heart notes akan tercium setelah top notes menguap. Dikatakan "heart notes", karena karakter utama sebuah aroma parfum diciptakan atau terletak di bagian ‘inti’ ini.

Aroma middle notes bertahan lebih lama dibandingkan dengan top notes, dan memiliki pengaruh kuat terhadap base notes. Biasanya, aromanya merupakan kombinasi floral atau spices.

Middle notes merupakan aroma yang menjembatani top notes menuju base notes. Biasanya kombinasi sebagian dari top notes dan base notes. Durasi ketahanan sekitar 20–60 menit pertama karena tingkat evaporasi yang sedang.

Base Notes
Base notes merupakan aroma akhir yang jadi ‘kesimpulan’ dari sebuah aroma parfum. Aroma inilah yang akan bertahan di kulit Anda selama berjam-jam setelah Anda menggunakan parfum. Wanginya akan menempel lama pada kulit dan pakaian, selama berjam-jam setelah semua notes yang lain menghilang. Durasi ketahanan sekitar 6 jam, bahkan bisa lebih.

Di atas adalah "Contoh Campuran" di setiap notes

Foto : Istimewa

HOME, atau Kembali ke GRIYA BELANJA HEMAT